Tokoh Inspirator 

Sumirat Gagas Satu Petani Satu Juta Perbulan Ini Caranya

Hallo sahabat salamtani.

Kali ini kami belajar dari pemuda Desa Gelaranyar Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur, namanya Sumirat, dia adalah seorang pemuda desa yang aktif dalam dunia digital.

satu petani satu juta perbulan
satu petani satu juta perbulan

Ia merupakan pelopor Kursus Komputer dan jasa Internet di desa, meskipun desanya jauh dari Kota dan bahkan sinyal Internetpun susah didapat tapi tak menyurutkannya untuk mengembangkan usaha dibidang digital.

Sumirat merupakan lulusan Sarjana namun Ia bertekad untuk tetap tinggal di desa, meskipun hidup di desa lebih sulit dibandingkan merantau ke kota berbekal izasah yang dimilikinya untuk bekerja.

Bukan hanya tinggal diam sadar akan potensi desa dan kekayaan alamnya, Sumirat menggagas program “Satu Petani, Satu juta perbulan”. Artinya setiap petani harus memiliki penghasilan minimal 1 juta dalam sebulan, dan saat ini berbagai komoditas pertanian sedang dikembangkan seperti Padi, sayuran, Perikanan dan peternakan.

Cara dalam menjalankan program satu juta perbulan dengan Ia mengajak para petani dan bekerjasama dalam memberikan pola usahatani, baik dari segi, permodalan, budidaya, sampai membantu pemasaran.

Setiap petani diajak aktif dalam pengembangan usaha pertanian disamping kemampuannya dalam teknik pemasaran melalui Digital (medsos, website, marketplace) sehingga petani tidak perlu khawatir kesulitan dalam menjual hasil pertaniannya karena sudah terbantu promosi dalam menarik konsumen.

Tidak diragukan lagi penghasilannya lebih dari cukup untuk seorang pemuda yang tinggal di desa berkat keahliannya dalam pengembangan Digital, sekarang jejak langkahnya mulai diikuti oleh pemuda-pemuda lain untuk bergabung bersama dalam usahanya in.

Desa adalah kekuatan, pemuda adalah motor penggerak disitulah terciptanya sebuah kemakmuran dan kesejahterakan.

Salam dari Desa.

Facebook Comments

Related posts