Info 

Wisata Gratis Melihat Rusa-Rusa Cantik di Taman Rusa Bumi Patra Indramayu

Wisata Taman Rusa Bumi Patra berlokasi di Komplek Perumahan Pertamina Bumi Patra (BP), Jalan Bumi Patra Raya, Desa Pekandangan Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Taman Rusa ini masih banyak yang belum tahu, baik masyarakat sekitar Indramayu maupun luar daerah, pasalnya lokasi tersebut masuk di dalam Komplek Perumahan Pertamina BP yang dijaga ketat oleh security.

Gerbang Taman Rusa Bumi Patra
Gerbang Taman Rusa Bumi Patra

Pada dasarnya Taman Rusa ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya selain sebagai tempat penangkaran rusa yang dilakukan oleh Pertamina RU VI Balongan dalam rangka melestarikan hewan langka di Indonesia juga sebagai wahana edukasi fauna bagi masyarakat.

Pintu Masuk Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu
Pintu Masuk Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu

Penangkaran Rusa berdiri sejak bulan Oktober 2017 dan dikategorikan penangkaran semi alami, karena masih menyediakan kebutuhan habitat secara alami seperti perumputan (grazing area) dengan pohon-pohon pelindung (cover), sedangkan fasilitas tambahan atau buatan adalah tempat minum, shelter dan palungan tempat persediaan pakan dengan total area 1,96 hektar dengan pagar disekelilingnya.

Taman Keanekaragaman Hayati Bumi Patra
Taman Keanekaragaman Hayati Bumi Patra

Tujuan dibangunnya Penangkaran Rusa Bumi Patra adalah untuk melestarikan satwa endemic Indonesia yang berada dalam kategori Vulnerable (rentan), Selain itu, tujuan lainnya adalah sebagai wisata edukasi dan penelitian bagi kalangan akademis.

Rusa yang ditangkarkan berjumlah 10 ekor yang terdiri dari 5 ekor jantan dan 5 ekor betina, dan pada tanggal 19-20 Februari 2018 telah berkembangbiak anak Rusa sebanyak 2 ekor jadi total saat ini menjadi 12 ekor Rusa.

Anak Rusa sedang menyusui (dok. Pertamina RU VI Balongan)
Anak Rusa sedang menyusui (dok. Pertamina RU VI Balongan)

Jika melihat langsung ke lokasi Rusa-rusa ini sangat cantik karena memiliki bulu yang berwarna coklat kemerah-kemerahan hingga abu-abu kecoklatan dengan bagian bawah perut dan ekor berwarna putih. Rusa dewasa mempunyai panjang badan berkisar antara 195-210 cm dengan tinggi badan mencapai 91-110 cm.  Sedangkan berat badan mencapai antara antara 103-115 kg.

Untuk mengunjungi Wisata Taman Rusa Perumahan Bumi Patra, pengunjung dapat mengendarai sepeda motor baik roda dua maupun roda empat, jika menggunakan roda dua pengunjung diwajibkan memakai helm sesuai aturan masuk ke area Bumi Patra dan ketika dilokasi Taman Rusa pengunjung dilarang memberi makan apapun.

Asiknya lagi wisata ini gratis, jadi tidak merogoh uang sepeser pun tinggal membawa snack sendiri dan pengunjung harus tertib dan tidak membuang sampah sembarangan, Ajak keluarga dan anak-anak pasti akan senang dengan suasa pepohonan yang asri.

Facebook Comments

Related posts