Peluang Usaha Perikanan Tokoh Inspirator 

Resign dari Bank, Pemuda Ini Suskes Jualan Sambel Terasi

Siapa yang tidak tertarik untuk menjadi seorang pegawai Bank, selalu berpakaian rapi dan berdasi, karir yang sangat menjanjikan dan tentunya jaminan hidup yang pasti, hal demikian tentu menjadi rebutan bagi para pencari kerja yang menginginkan hal tersebut.

Pekerjaan Jefri Saat Menjadi Pegawai Bank (dok. Jefri)

Namun berbeda dengan pemuda yang satu ini yaitu Jefri Tri Prasetyo yang sudah 8 tahun berkarir di Bank BUMN sebagai Mantri Bank, hanya tinggal menunggu kenaikan jabatan malah memilih untuk mengundurkan diri (Resign) dari pekerjaannya.

Jefri memilih jalan untuk berwirausaha, berwirausaha memiliki seni dan kreativitas yang cukup tinggi sehingga menuntut dirinya dapat lebih giat untuk mengembangkan potensi diri dan memanfaatkan peluang yang mungkin tidak didapat dari pekerjaan sebelumnya.

Meskipun demikian dalam berwirausaha dituntut untuk terus mengasah kreativitas dan harus berani mengambil sikap dan keputusan dalam berbisnis, giat dan bisa membaca peluang pasar sehingga dapat bersaing dengan yang lain.

Mamih Lula adalah merk dagang dari sebuah produk sambel terasi kering yang Jefri kembangkan. Ide kreatif dari produknya didapat dari potensi sekitar yaitu Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah pesisir yang memiliki banyak potensi di sektor perikanan.

Sambal Terasi Kering Mamih Lula (dok. Jefri)

Terkenal dengan penghasil produk terasi, Jefri berupaya untuk mengangkat produk olahan yang ada dimasyarakat yaitu terasi untuk dikembangkan menjadi sebuah produk yang siap konsumsi salah satunya dengan membuat Sambal Terasi Kering.

Lokasi produksi sambel terasi kering yaitu di Desa Majakerta Kecamatan Balongan Kabupaten Indramayu, setiap bulan Jefri dapat memproduksi 1.000 botol Sambel, pemasaran yang dilakukan baik melalui penjualan langsung ke toko, pembeli secara offline, maupun dijual melalui online (media sosial). Produknya lari terjual karena memiliki rasa yang sangat enak dilidah, komposisi yang dipakai yaitu Kacang, terasi, teri/ebi/bawang, cabe kering, dan penyedap rasa.

Branding bersama Artis Mamah Rizal (dok. Jefri)

Harga sambal cukup terjangkau untuk konsumen dari mulai 12 ribu ukuran botol kecil hingga 20 ribu untuk ukuran botol besar. Pembelinya tidak hanya di daerah Indramayu saja, namun juga ke luar kota bahkan ada beberapa orderan dari luar negeri yaitu pembeli adalah para TKI yang rindu akan sambal terasi.

Informasi Nilai Gizi Sambel Terasi Kering (dok. Jefri)

Produk sambal terasi keringnya sudah dilengkapi dengan ijin PIRT dan Informasi Nilai Gizi sehingga konsumen tidak perlu kwatir akan kandungan yang ada dan aman untuk dikonsumsi. Jefri mendapatkan omset puluh juta rupiah setiap bulannya dari usaha yang dikembangkan selama kurang lebih 2 tahun tersebut.

Kegiatan Pameran WMI (dok. Jefri)

Menjadi seorang wirausaha harus memiliki niat yang kuat dan kreatif dan Jefri bersama kawan-kawan wirausaha muda lainnya menjalin silaturahmi dan jaringan usaha melalui wadah Wirausaha Muda Indramayu (WMI) yang dipelopori oleh Mas Decko San.

Facebook Comments

Related posts