Peternakan 

PETERNAKAN AYAM PETELUR TERBESAR DI INDRAMAYU

Berkah Rizki Tani and Farm merupakan peternakan ayam petelur di Kabupaten Indramayu yang belokasi di Desa Tugu Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat. H. Munjaki (Owner) menjelaskan, usaha ternaknya dimulai sejak tahun 2015 dengan populasi awal sejumlah 3500 ekor ayam petelur.

Peternakan-AYam-Petelur-Terbesar-di-Indramayu-3

Image 1 of 1

Dalam mengawali usahanya H. Munjaki mengaku awam dalam beternak ayam, namun itikad dan keberaniannya beliau bertekad untuk beternak ayam betelur, dibantu oleh 3 anak kandangnya usahanya terus berkembang.

Untuk melihat full peternakan ayam terbesar anda dapat melhat Video berikut : (Video Ternak Ayam Petelur)

link berikut : https://www.youtube.com/watch?v=88rmiwXFzSs&t=139s

H. Munjaki menyatakan bahwa ilmu beternaknya didapatkan dari belajar ke lapangan para peternak yang sudah maju dan berhasil seperti di daerah sekitar majalengka, kuningan dan cirebon, pendampingan dari Dokter Hewan, penyuluhan dari petugas sales Obat dan pakan ayam sehingga kendala-kendala yang dihadapi dalam beternak ayamnya mampu dihadapi. 

Peternakan-AYam-Petelur-Terbesar-di-Indramayu-2

Image 1 of 1

Setelah dinilai usaha yang dialami semakin lancar, dari mulai sistem beternak maupun pemasarannya, beliau akhirnya memberanikan untuk terus memperbesar usahanya hingga sampai saat ini berkapasitas mencapai 12000 ekor ayam petelor.

H. Munjaki juga menuturkan, Indramayu memiliki potensi pengembangan ayam petelur yang cukup besar baik serapangan pasar yang masih luas, dan iklimnya mendukung untuk ternak ayam petelur. Berkah Rizki Tani and Farm  setiap bulan mampu menyuplai telor sebanyak 15 ton per bulan untuk wilayah indramayu dan sekitarnya.

Harapannya yaitu usahanya terus berkembang dan bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja, mandiri dan mampu bersaing dengan daerah lain sehingga Indramayu mampu swasembada telor, jejak ini dapat diikuti oleh masyarakat untuk ikut beternak ayam petelur baik skala rumahan maupun skala bisnis karena kebutuhan telor cukup tinggi dan pasar sangat terbuka lebar.

Facebook Comments

Related posts