Info Pertanian 

Petani Kecamatan Sliyeg Resmi Terima Kartu Tani

Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sliyeg bersama pihak Bank Mandiri resmi membagikan Kartu Tani kepada para petani di Kecamatan Sliyeg pada tanggal 5-6 Desember 2017 di Aula Koperasi Rukun Kecamatan Sliyeg.

Pembagian Kartu Tani di Kecamatan Sliyeg
Pembagian Kartu Tani di Kecamatan Sliyeg

Sejumlah 1300 an Kartu Tani diserahkan kepada petani di 5 (lima) desa di Kecamatan Sliyeg yaitu Tugu Kidul, Sliyeg Lor, Tambi Lor, Tambi dan Sleman Lor yang sudah diterbitkan pada tahap pertama.

Acara pembagian tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu, Camat Sliyeg, pihak Bank Mandiri dan Koordinator BPP Kec. Sliyeg beserta para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).





Petani terima Kartu Tani (dok. Ato Susanto)
Petani terima Kartu dari pihak Bank Mandiri (dok. Ato Susanto)

Kartu Tani merupakan alat transaksi berupa kartu debit sebagaimana kartu ATM, dan berfungsi untuk membeli pupuk bersubsidi pertanian Padi dan Tanaman Horti sesuai data yang berlaku.

Penggunaan Kartu Tani diharapkan dapat memudahkan petani dalam mendapatkan saluran pupuk bersubsidi dan berbagai fasilitas kredit usaha rakyat dibidang pertanian, selain itu kartu ini sama halnya seperti kartu ATM yang bisa digunakan untuk transaksi perbankan.

Petani dan Penyuluh Pertanian foto bersama kartu tani (dok. Ato Susanto)
Petani dan Penyuluh Pertanian foto bersama kartu tani (dok. Ato Susanto)

Pemegang kartu sudah diverifikasi secara prosedur sebagai pendaftar seperti menyerahkan Fotocopy Kartu Tanda Penduduk, Fotocopy Kartu Keluarga dan data lainnya.

Pendataan dilakukan oleh PPL memakan waktu sekitar 5 bulan lamanya, dari mulai proses sosialisasi kepada para kelompok tani, mengumpulan berkas persyaratan dan juga proses pendataan profil petani seperti Nama, Tanggal Lahir, NIK KTP, Alamat, Luas Lahan Garapan, Blok/Lokasi Lahan, Kelompok Tani dan Nama Orang Tua Perempuan.

Harapan petani bahwa dengan adanya program ini akan memudahkan proses pembelian pupuk bersubsidi  dan membantu kegiatan usaha tani sesuai sasaran bukan malah menyulitkan petani.

Namun pada kenyataannya masih banyak Petani yang masih bingung dengan keberadaan dan penggunaan Kartu Tani, untuk itu PPL dapat terus mendampingi Petani dalam menggunakan kartu sehingga dapat bermanfaat dan sebagaimana fungsinya.

 

Facebook Comments

Related posts