Tokoh Inspirator 

PETANI INDRAMAYU MILIKI LABORATORIUM AGEN HAYATI CANGGIH

Laboratorium Pos Pelayanan Agen Hayati berlokasi di Blok Truwali Desa Kedokanbunder Wetan Kecamatan Kedokanbunder Kabupaten Indramayu yang didirikan pada 19 Desember 2019. Laboratorium ini merupakan tempat uji dan praktikum berbagai jenis agen hayati yang inisasi oleh Bapak Waklan Ketua Kelompok Tani Sri Trusmi Satu.

gedung laboratorium agen hayati

Awal mula Bapak Waklan memulai terjun ke pertanian ramah lingkungan pada saat kejenuhan terhadap penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang tidak begitu signifikan dalam menghadapi serangan hama penyakit padi, Pada tahun 2000 percobaan yang dilakukannya yaitu dengan mengumpulkan bahan-bahan alami untuk membuat pupuk organik cair (POC) dan pestisida nabati (Pesnab) baik dari dedaunan, rempah-rempah dan buah-buahan berhasiat.

Isolat Agen Hayati

POC dan Pesnab diaplikasikan di lahan sawah padi miliknya, dalam pengamatan hasil setelah penggunaan POC dan Pesnab pada tanaman padi hasil yang diperoleh cukup baik, seperti pertumbuhan tanaman, menekan serangan hama penyakit dan juga biaya produksi yang dikeluarkan lebih murah. Pak Waklan terus mengoptimalkan pengamatan dan percobaannya untuk mendapatkan hasil padi yang maksimal dan pada Tahun 2017, Pak Waklan mengenal dan mempelajari penggunaan Agen Hayati yang dampingi oleh UPTD Pertanian Kedokanbunder. 

Gudang Produksi Perbanyakan Agen Hayati, POC dan Pesnab

Pengembangan Agen Hayati masih dilakukan secara sederhana dengan alat seadanya bahkan rumah yang ia tinggali rela dijadikan tempat pengembangan agen hayati, kendala yang dihadapi tidak menyurutkan semangat Pak Waklan untuk mendalami ilmu Agen Hayati, berkat ketekunan dan kerja keras akhirnya pada tahun 2019, Kelompok Tani Sri Trusmi Satu dijadikan Laboratorium Pos Pelayanan Agen Hayati (PPAH) yang disupport oleh CSR Pertamina EP Asset 3 dengan membuat gedung Laboratorium disertai peralatan uji dan praktikum agen hayati.

Kunjungan Petani Ramah Lingkungan

Pak Waklan masih terus berjuang untuk menyebarkan hasil percobaannya ke anggota kelompok taninya , dan  petani sekitar untuk kembali ke alami, Konsep dari alam untuk alam merupakan hal yang saat ini ia kembangkan seperti membuat bokashi, kompos yang dikombinasi dengan agen hayati (tricoderma) dari kotoran ternak untuk memperbaiki unsur hara tanah. 

Agen Hayati yang ada di laboratorium yaitu Jamur (Tricoderma, Beauveria, M Rileyi, L Lezani, M Anisopliae, Gliosiadium) Bakteri (Pseudomonas f, Bacillus SP, Paenibacillus Polymyxa dll). Lab ini merupakan tempat belajar dan praktikum untuk petani, peneliti, mahasiswa, dan lainnya yang ingin mengetahui tentang agen hayati.

Saat ini, hasil dari pertanian ramah lingkungan agen hayati yaitu produk beras sehat, Bokashi, POC dan Pesnab. untuk mendapatkan produk dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi salamtani.id (085295753287)

 

 

Facebook Comments

Related posts