Pantai Panjiwa Indramayu (21)Info Uncategorized 

Objek Wisata Pantai Panjiwa Indramayu

Objek Wisata Pantai Panjiwa Indramayu merupakan objek wisata baru di Kabupaten Indramayu yang terletak di Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur, Objek wisata ini dibuka pada tanggal 05 Mei 2017 oleh para pemuda desa yang tergabung dalam Kelompok Penggerak Pariwisata (KOMPEPAR) Desa Ilir Kecamatan Kandanghaur.




Untuk mengetahui lebih jelas tentang Objek wisata Pantai Panjiwa Sumber Mas Indramayu, tim salamtani.id melakukan peninjauan langsung ke lokasi untuk melihat apa saja yang menjadi daya tarik dari wisata pantai ini dan melihat sarana dan prasarana yang tersedia untuk para pengunjung termasuk akses jalan masuk.

Perjalanan kami dimulai dari Jalan nasional lintas Cirebon-Jakarta (Pantura), masuk melalui jalan tepi sungai samping Sekolah MTsN 4 Indramayu (lokasi Kandanghaur) menuju lokasi pantai, lebih jelas dapat dilihat melalui petunjuk berikut.

pantai panjiwa indramayu 111
Jalur masuk Menuju Pantai dari Jalan Pantura (google maps)

Jalur masuk dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, namun untuk kendaraan roda empat tidak dapat mencapai ke lokasi pantai karena jalur hanya bisa dilewati kendaraan roda dua, mobil berhenti di parkiran tepat di samping bendungan.

Tempat Parkir Mobil dan Papan Petunjuk menuju Lokasi Pantai Panjiwa

Bagi yang membawa kendaraan mobil, pengelola sudah menyediakan ojek perahu untuk menuju lokasi yang akan menyusuri sungai sampai ke Pantai Panjiwa Indramayu jaraknya sekitar 1 KM, namun untuk pengunjung yang membawa motor dapat meneruskan melalui jalan dengan melewati jalan tepi sungai dan empang-empang warga sampai ke lokasi pantai.

Ojek Perahu dari Bendungan Kali Menir menuju pantai Panjiwa

Pengunjung akan menyusuri perjalanan dengan melihat berbagai pemandangan pohon mangrove cantik dan asri yang terbentang luas disepanjang jalan menuju lokasi wisata namun kondisi jalan masih tanah sehingga jika hujan turun, jalan akan licin dan berhati-hati.

Jalan menuju pantai dikelilingi pohon mangrove

Pohon mangrove tubuh subur dan hijau terbentang luas disepanjang garis pantai menjadi pemandangan yang sangat menarik serta menjadi nilai eksotika bagi para pengunjung.




pohon mangrove terbentang luas sepanjang garis pantai Indramayu

Banyak spot-spot cantik untuk berfoto atau selfi dengan pemandangan mangrove yang begitu mempesona dijalur masuk Pantai Panjiwa Indramayu.

Lokasi Spot foto dengan bacground Pohon Mangrove

Pengunjung akan melihat empang milik warga yang luas akan menambah pengetahuan potensi perikanan di wilayah pesisir Kabupaten Indramayu.

Kumbu Perangkap Ikan di Empang

Spanduk Selamat datang di wisata Pantai Panjiwa Indramayu merupakan pos penjagaan tiket masuk setiap pengunjung dikenakan tarif Rp. 3.000/Orang, cukup ekonomis bagi para pengunjung.

Pintu Masuk Wisata Pantai Panjiwa Sumber Mas

Setelah masuk lokasi objek wisata, para pengunjung akan disambut dengan pemandangan asri dengan penataan pepohonan dan jalur trek pengunjung.

Penataan pohon Objek Wisata

Penanaman pohon kelapa dan tanaman lain dilokasi wisata menjadi peneduh dan asri.

Penataan pohon Objek Wisata

Pengelola wisata menyediakan tempat pembuangan sampah disetiap titik bagi para pengunjung untuk menjaga kebersihan.




Tempat pembuangan sampah objek wisata Pantai Panjiwa

Tepian pesisir sangat luas terbentang sekitar 3 KM lebih sehingga para pengunjung dapat bebas bergerak menikmatati sausana pantai.

Tepian Pesisir Pantai Panjiwa

Kami sangat kagum dengan kebersihan pantai dan pasir yang begitu halus dan bersih membuat para pengunjung betah dan nyaman, serta air laut begitu jernih padahal biasanya Pantai Utara terkenal dengan air laut yang keruh karena abrasi pantai.

Pasir Pantai Panjiwa

Untuk informasi mengenai Objek Wisata Pantai Panjiwa Indramayu, Pengelola menyediakan sumber informasi yaitu Panjiwa Center dengan nomor kontak 085221113611 / 089609103209, seperti Sewa lokasi acara kegiatan masyarakat, Gathering, Fildtrip, Perkemahan dan acara lainnya.

Sumber informasi Panjiwa Center

Pengunjung tidak perlu khawatir untuk melakukan ibadah karena lokasi wisata telah memiliki sarana ibadah yaitu musholah Al-Kasimah.

musholah Al-Kasimah Pantai Panjiwa

Sarana lain yaitu seperti Toilet umum, dan Warung-warung kuliner dan jajanan dilokasi yang telah disediakan oleh pengelola objek wisata.

Toilet Umum Objek Wisata Pantai Panjiwa Indramayu

Objek wisata Pantai Panjiwa Indramayu sangat cocok untuk liburan dan rekreasi menarik dan ekonomis bagi masyarakat di Kabupaten Indramayu baik dari wisatawan lokal maupun luar daerah.

Kami berharap Pantai Panjiwa Indramayu ini dapat dikelola dengan baik supaya menjadi objek wisata unggulan di Indramayu dengan membangun sarana dan prasana yang lengkap, membangun akses jalan ke lokasi dan pengelolaan manajemen objek wisata yang baik sehingga mampu berdaya saing dengan objek wisata lainnya sehingga menjadi pendapatan asli Desa dan Daerah.

 

Facebook Comments

Related posts