Peternakan 

OBAT DARI SEGALA OBAT, NURDIANA BERHASIL TERNAK LEBAH MADU TRIGONA

Nurdiana warga Desa Paseh Kidul Kabupaten Sumedang berhasil membudidayakan lebah trigona/teuweul/Klanceng di pekarangan rumah, awal mula Nurdiana budidaya lebah madu trigona dari melihat banyaknya lebah madu trigona di alam (hutan) Sumedang, lebah trigona hidup di antara batang pohon tua atau bambu, dengan cara membuat sarang.

LEBAH

Lebah tanpa sengat ini cukup menarik hati seorang Nurdiana untuk dikembangkan, pasalnya madu yang dihasilkan dari lebah ini memiliki manfaat bagi kesehatan yang cukup baik dan mempunyai nilai ekonomi yang cukup tinggi, sehingga peluang ini tidak disia-siakannya.

Menurut Nurdinana bahwa budidaya lebah madu trigona cukup mudah hanya saja perlu pengetahuan dan perhatian yang cukup, lebah ini tergolong cepat beradaptasi diberbagai tempat namun yang terpenting adalah ketersediakan pakan (nektar dan polen), di lokasi budidaya miliknya, ketersediaan pakan sangat melimpah diantaranya adanya pepohonan dekat dengan hutan, perkebunan seperti salak, alpukat, nanas, rambutan, ditambah dengan tanaman bunga-bunga yang tumbuh dipekarangan. 

Nurdiana menyakini bahwa madu merupakan obat dari segala obat sehingga tujuan budidaya lebah ini merupakan bentuk dari usaha dalam membantu sesama dibidang kesehatan secara alami, tidak hanya sebatas budidaya bahwa Nurdiana dan kelompoknya juga memiliki misi untuk terus meneliti tentang dunia perlebahan. 

Saat ini Nurdiana dan timnya terus mengenalkan cara budidaya lebah yang baik dan benar kepada masyarakat sekitar dan membentuk kelompok peternak lebah, disamping itu beliau kerap memberikan tulisan dan pengetahuan tentang lebah di akun medsos dan grup medsos, hal ini membuat referensi dunia perlebahan nusantara semakin berwarna sehingga banyak dari berbagai penggiat lebah nasional menambah wawasan dari hasil diskusi-diskusi tentang perlebahan.

Dilokasi budidayanya, kedepan akan dijadikan tempat pusat pelatihan budidaya lebah dengan tujuan sebagai sarana edukasi tentang pengetahuan dunia lebah untuk semua kalangan baik peternak, penggiat dan akademisi. 

Madu yang diproduksi oleh Nurdiana tergolong memiliki harga premium, alasannya bahwa ia benar-benar menjaga kualitas madu dari proses budidayanya serta keaslian madu. Meskipun, harga madu yang ditawarkan cukup tinggi,  kenyataannya bahwa produk madunya terus diminati dan diburu oleh konsumen dari berbagai daerah dan sampai saat ini ia memiliki pelanggan madu setia di nusantara.

 

 

 

 

 

 

 

Facebook Comments

Related posts