Info Perikanan Tokoh Inspirator 

Miniatur Perahu Tempo Dulu untuk Hari Jadi Indramayu Ke-490

Memasuki Hari Jadi Kabupaten Indramayu Ke-490 (Hari Jadi 7 Oktober 1527) berbagai persiapan berbagai kalangan dari mulai Bupati, Pemerintah Daerah, Lembaga, Perusahan dan masyarakat umum mulai terasa. Sejalan dengan Hari Jadi yang akan jatuh pada tanggal 7 Oktober 2017, hanya tinggal menghitung waktu kurang dari 2 bulan lagi.

 

Logo Hari Jadi Kabupaten Indramayu Ke-490

Ada yang berbeda dari hal yang biasanya yaitu salah satunya adalah melihat persiapan dari Pemuda Nelayan yang berasal dari Desa Karangsong Kecamatan Indramayu yaitu Darmin sedang sibuk mempersembahkan buah karyanya untuk Hari Jadi Kabupaten Indramayu.

Penyerahan Miniatur Perahu (Bupati Indramayu – Darmin) (dok. Darmin)

Darmin yang dibantu oleh kelompoknya membuat sebuah miniatur perahu tempo dulu, inspirasi ini di dapat dari kenangan nenek moyangnya yang merupakan seorang nelayan/pelaut yang dulu masih menggunakan perahu yang sekarang sudah tidak ditemukannya lagi. Dan perahu tempo dulu itu merupakan salah satu gambar perahu yang ada di lambang/logo Kabupaten Indramayu.

Pembuatan Miniatur Perahu (dok. Darmin)

Pembuatan miniatur perahu tersebut sedang dikejar agar pada waktu Hari Jadi sudah rampung diselesaikannya. Saat ini masih tahap pembobokan dan pemahatan, Lokasi pembuatan berada di Rumah Berdikari / Warung Reang yang tepat disamping jalan masuk sebelum Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Karangsong.

Lokasi Rumah Berdikari

Tidak tanggung-tanggung untuk menghasilkan miniatur yang berkualitas baik, Darmin menggunakan bahan dari Kayu Jaran yang di dapat dari Pesisir Pantai Tiris. Kayu Jaran di anggap memiliki ketahanan awet dan mudan untuk dipahat dan dibentuk.

Bahan Miniatur Perahu Kayu Jaran (dok. Darmin)

Saat ini dibantu oleh 20 orang tengah melakukan pemahatan secara manual dengan alat pahat tangan untuk mendapatkan nilai seni yang tinggi. Beberapa perahu yang telah dibuatnya sudah mulai dikenal oleh masyarakat dan memiliki nilai seni yang menarik dan etnik.

Miniatur Perahu yang sudah jadi (dok. Darmin)

Darmin menuturkan bahwa miniatur yang dibuat sebanyak 41 Perahu, yang nantinya akan didistribusikan kepada SKPD dan 31 Kecamatan untuk perlombaan Larung di Sungai/Kali Cimanuk pada saat Hari Jadi Kabupaten Indramayu. Jenis miniatur Perahu tersebut sesuai persis dengan aslinya baik design bentuk dan perlengkapan yang pada perahu asli tempo dulu. nama perahu yaitu Tembon, Soto, Dorit yang merupakan perahu yang digunakan sekitar pada tahun 1950an.

Miniatur perahu untuk hiasan dinding (dok. Darmin)

 

Facebook Comments

Related posts