agroindustri manisan mangga dokter lianaAgrobisnis Peluang Usaha Perkebunan 

MANISAN MANGGA DOKTER LIANA ASAL INDRAMAYU TEMBUS PASAR ASIA

Manisan Mangga Dokter Liana ini sudah menembus ke pasar Asia seperti Malaysia dan Jepang, tentu omset yang didapat cukup fantastis dari tangan seorang wirausaha muda yaitu (Adi, 30 tahun), strategi pemasaran awalnya dilakukan secara offline yaitu membuka toko oleh-oleh untuk menjangkau pelanggan yang berada diwilayah Indramayu baik masyarakat lokal maupun wisatawan, namun setelah dipasarkanan melalui media online yaitu melalui marketplace dan media social, produknya melejit hingga menjangkau pasar mancanegara.

MANISAN MANGGA INDRAMAYU
Manisan Mangga Dokter Liana

Indramayu merupakan sebuah kota yang berada di utara pulau jawa, salah satu kota yang memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Barat ini merupakan kota penghasil Buah Mangga dengan jenis yang beragam. Jenis-jenis buah mangga yang terdapat di kota ini yaitu Cengkir, Gedong Gincu, Harum manis, manalagi dan masih banyak jenis lainya.

Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Toples)
Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Toples)

Hampir disetiap rumah penduduk di Indramayu memiliki tanaman mangga sehingga  produksi buah mangga di Kabupaten Indramayu sangat melimpah dan dijual dalam bentuk buah segar dengan harga yang masih tergolong rendah, tentu hal ini perlu adanya kreativitas untuk memanfaatkan sumber daya dengan menginovasi buah mangga menjadi produk olahan yang memiliki Value added/ nilai dan daya saing yang tinggi.

Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Kotak)
Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Kotak)

Para mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Wiralodra Indramayu menemui usahawan muda yaitu (Kang Adi, 30 tahun) yang bergerak dibidang agroindustri buah mangga yaitu produk manisan mangga. Usaha ini berdiri pada tahun 2016, awal beliau memulai ide kreatifnya ketika melihat potensi Indramayu yang melimpah hasil buah mangga dan terkenal dengan ikon “Kota Mangga”.

Beliau menuangkan idenya dengan menggali olahan mangga dengan

Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Cup)
Manisan Mangga Dokter Liana (Kemasan Cup)

Brand yang bisa diterima dan dikenal masyarakat luas, atas dasar tersebut beliau mendirikan sebuah perusahaan agroindustri untuk mengolah mangga sampai produk jadi, lokasi perusahaan berada dipusat kota Indramayu sehingga mempermudah pemasaran dan untuk mencukupi permintaan pelanggannya.

Produk manisan mangga dibandrol dengan harga Rp. 25.000 (kemasan cup), Rp. 35.000 (kemasan toples) dan Rp. 120.000 (kemasan kotak). Harga tersebut rupanya cukup diterima oleh para konsumen karena sesuai dengan kualitas yang ditawarkan. Peluang usaha ini sangat menjanjikan dan masih terbuka luas yang bisa dijadikan contoh oleh masyarakat Indramayu untuk memulai bisnis di olahan mangga.

Facebook Comments

Related posts