Agrobisnis Perkebunan Pertanian 

MANGGA AGRIMANIA UNGGUL DAN TERMAHAL DI INDONESIA

Pasti sudah tak asing lagi jika mendengar kata buah mangga (Mangifera Indica), yang teriang/teringat dalam benak kita adalah rasa manis asam segar dan lezat. Tentu hal itu ada di Kabupaten Indramayu yang merupakan daerah penghasil buah mangga nasional bahkan mancanegara, salah satu mangga asli lokal Indramayu adalah mangga varietas Cengkir atau lebih terkenal dengan sebutan Mangga Dermayu, pasar sangat menyukai karena mangga yang berasal dari Indramayu tentu memiliki cita rasa yang manis, aroma harum dan enak.

Buah Mangga Agrimania

Setelah beberapa waktu sekarang ini dunia perbuahan mangga digegerkan oleh buah Mangga Agrimania yang merupakan buah unggul nusantara, dari hasil penelusuran dan kami temui langsung dengan pemilik yaitu Bapak H. Urip yaitu seorang petani penangkar benih dan bibit yang berlokasi di Desa Nunuk Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu, beliau menceritakan bahwa pada tahun 2011, menemukan jenis Induk mangga lokal baru dari Indramayu yang diberi nama mangga Agrimania.

H. Urip (Penemu Varietas Mangga Agrimania)

Setelah terus diamati baik karakter tanaman dan buahnya yang berbeda dan dapat diknyatakan unggul akhirnya H. urip mengembangkan perbanyakan bibit tersebut secara vegetatif (Okulasi dan sambung pucuk). Mangga Agrimania ini memiliki cita rasa yang manis, dagingnya kering, beraroma harum, tekstur lembut, berat buah bisa mencapai 1,8 – 2 Kilogram, tanaman cepat berbuah sekitar 3,5 tahun sudah bisa berbuah, dan harganya relatif mahal karena belum banyak yang membudidayakan baik harga buah maupun harga bibit tanaman Mangga Agrimania.

Bobot Buah Mangga Agrimania 1,8 Kg

Mangga Agrimania telah menjuarai beberapa penghargaan diantaranya adalah 1). juara 1 (satu) Lomba Buah Unggul Nasional (LBUN) yang diselenggaraan oleh Trubus dan Dirjen Horti Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada Tahun 2013-2014. 2). Juara 3 (tiga) Festival Bunga Buah Nusantara yang diselenggaraan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2015, dan telah mengikuti berbagai event seperti expo tingkat nasional.

Juara 1 Lomba Buah Unggul Nusantara

Setelah diketahui bahwa Mangga Agrimania memiliki keunggulan akhirnya banyak kalangan melirik untuk membeli bibit mangga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia,

Pengembangan Bibit Mangga Agrimania

Saat ini harga jual di pasar buah Mangga Agrimania harganya bisa mencapai Rp. 100.000/Kg bertengger sejajar dengan buah mangga Import dari negara Thailand. Tidak heran jika sekarang banyak pembisnis/pengusaha dan penghobi tanaman, baik dari perorangan, perusahaan dan lembaga memburu tanaman Mangga Agrimania ini untuk menangkap peluang usaha perkebunan mangga dan banyak juga untuk tanaman dipekarangan rumah karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Bibit yang sudah tersebar diantaranya yaitu : Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kabupaten Kerinci, Tanggerang, Jakarta, Raja Ampat, Manokwari, Kalimantan, Batam, Sulawesi. Bali.

Facebook Comments

Related posts