Peluang Usaha Pertanian Tokoh Inspirator 

Kuasai Pasar Hidroponik, Pemuda Asal Indramayu Raup Untung

Dijaman modernisasi tidak asing lagi bahwa peran teknologi menjadi sebuah hal yang sangat dibutuhkan, hal tersebut senada dengan penerapan pada dunia pertanian yang terus-menerus mencari sebuah inovasi teknologi yang tepat guna untuk mencapai peningkatan produksi dan efisiensi biaya, ruang dan sumber daya.

Tanaman Hidoponik Kebun Syamwil (dok. Rizky Amalia M.)

Salah satu sistem usahatani yang sedang berkembang pada saat ini yaitu sistem Hidroponik, Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah (Wikipedia). Banyak kalangan petani di perkotaan mulai menggunakan cara tersebut, karena dianggap, praktis, efektif dan modern serta cocok digunakan untuk kaum urban farming yang memiliki lahan sempit seperti di perkotaan.

Syamwil (Pemuda Tani Hidroponik) (dok. Syamwil)

Syamwil Al Asadi merupakan pemuda tani dari Desa Dermayu Kecamatan Sindang Kabupaten Indramayu telah mengembangkan cara bercocok tanam dengan Hidroponik, sejak Tahun 2014, Syamwil mempelajari berbagai teknik yang ada pada sistem Hidroponik dari mulai cara merakit alat Hidroponik, membuat saluran pengairan Hidroponik, pemupukan dan pemberian nutrisi tanaman, pembibitan dan budidaya semua itu dilakukan secara otodidak hanya berlatih dari, buku literasi Hidroponik yang didapat dari membaca di Internet.

Peninjauan Lokasi Kemitraan di Kebun Hidroponik (Rizky Amalia M.)

Awal mula budidaya sayuran Hidoponik ini cukup menjadi perhatian bagi para tetangganya, mereka merasa tidak yakin dan aneh apa yang sedang dilakukan oleh pemuda tani ini, apalagi di Indramayu belum ada yang serius mengembangkan sistem Hidroponik, kalau pun ada masih sebatas untuk hobi belum ke arah bisnis. Lokasi yang digunakan merupakan lahan pekarangan rumahnya sekitar 200 meter persegi.

Tanaman Hidroponik (dok. Syamwil)

Beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan Hidroponik di Desa adalah beberapa perlengkapan Hidoponik yang belum tersedia di Indramayu seperti Rock Wool, Pot tanam khusus Hidroponik, Pupuk AB-Mix yang masih dipesen dari kota besar, dan cuaca yang ekstrem panas sehingga pH cepat naik, namun semua itu ia hadapi dengan terus menekuni dan memperlajari.

Dari jerih payah dan lika-liku pengembangan Hidroponik, akhirnya Syamwil menuai hasil yaitu mampu menghasilkan sayuran yang baik dan pasar sangat menyukai bahkan kekurangan stok untuk mencukupi pasar. Dan saat ini syamwil telah bekerjasama dengan Yogya Toserba yang ada di wilayah Ciayumajakuning untuk mengisi sayuran segar Hidroponik. Syanwil mengajak rekan-rekan pemuda tani untuk ikut mengembangkan Hidroponik dan melalui wadah WIRA HIDROPONIK telah mampu mensuplai sayuran hidroponik.

Produk Sayuran Segar Hidroponik (dok. Syamwil)

 

Produk Sayuran Segar Hidroponik (dok. Syamwil)

Produk sayuran segar hidroponiknya sudah memiliki 8 (jenis) sayuran yang telah dipasarkan yaitu : Kangkung, Pakcoy, Cesim, Bayam Merah, Salada Hijau, Salada Merah, Romaine, Samhong. Setiap 3 kali seminggu mengisi Yogya Toserba Jatibarang dan Yogya Toserba Indramayu dan Yogya Toserba di wilayah Ciayumajakuning. Keuntungkan yang didapat cukup menggiurkan dan yang jelas adalah produk sayurannya sudah memiliki kepastian pasar sehingga Syamwil sudah tidak pusing lagi memikirkan pasar bahkan malah kelimpungan kekurangan stok.

 

Jika anda berminat untuk mengikuti jejak Syamwil dkk masih terbuka luas dan Syamwil masih membutuhkan rekan untuk mengembangkan Hidroponik diwilayah Ciayumajakuning untuk mencukupi kebutuhan permintaan pasar dan mencukupi kebutuhan stok.

Facebook Comments

Related posts