Event Peternakan 

Kontes Ternak Sapi Potong dan Panen Pedet Kabupaten Indramayu 2017

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu bersama Forum Peternak Sapi Potong Indramayu mengadakan acara Kontes Ternak Sapi Potong dan Panen Pedet Kabupaten Indramayu Tahun 2017.

Kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu

Bertempat di Kandang Koloni Dinas Peternakan dan Keswan Kab. Indramayu Jalan Tanjungpura Karangmalang Indramayu pada tanggal 08-09 November 2017 pukul 09.00 Wib – Selesai.




Baliho Kontes Ternak Sapi Potong dan Panen Pedet Kabupaten Indramayu 2017

Kontes Ternak merupakan pertama kali diadakan di Indramayu dan sejarah baru bagi kebangkitan para peternak di wilayah Indramayu.Menurut Pak Nandang dan Pak Tajudin (Panitia Kontes Ternak), bahwa kegiatan Kontes Ternak diadakan untuk mendorong peternak supaya lebih bergairah dalam beternak dan sebagai sharing inovasi dunia peternakan, selain itu juga Kontes ini sebagai ajang untuk mempromosikan ternak kepada masyarakat.

 




Penjurian Kontes Ternak Kabupaten Indramayu 2017

Kuwu Wartono (Ketua Panitia Pelaksana Kontes Ternak) menyatakan bahwa kami sangat membutuhkan partisipasi antar peternak untuk dapat memperkuat asosiasi jaringan peternak di Indramayu, diharapkan dengan kegiatan Kontes Ternak ini dapat menjadi pemicu tumbuhnya semangat beternak dalam rangka mencukupi swasembada daging di Indramayu.

Bincang-bincang para Peternak Sapi (Anggota TNI dan Kuwu Wartono)

Dalam Kontes Ternak Sapi Indramayu tersebut dibagi beberapa kategori yaitu, Kelas Penggemukan, Ratu Bibit Silangan, Ratu Bibit Peternakan Ongole, Raja Pejantan Pasundan, Ratu Bibit Pasundan, Dara Peranakan Ongole, Anak Peranakan Ongole, Panen Pedet Hasil IB.




Sapi yang mengikuti Kontes Ternak

Peserta Kontes Ternak diikuti oleh berbagai kelompok ternak dan perorangan di wilayah Indramayu, dari wilayah Indramayu Timur (Juntinyuat, Karangampel, Krangkeng), Wilayah Tengah (Indramayu, Balongan, Sliyeg, Jatibarang, Widasari) wilayah Selatan (Tukdana, Bangodua, Kertasemaya, Lelea) wilayah Barat (Cikedung, Terisi, Kroya, Haurgeulis, Gantar).

Tim Penilai Ukuran dan Berat Sapi Kontes Ternak

Kontes Ternak ini sangat menarik dan positif, diharapkan Kabupaten Indramayu mengadakan kembali secara rutin di Tahun 2018 dan acara lebih luas dan lebih meriah sehingga dapat menjadi daya tarik masyarakat dan ekspose pemerintah daerah terhadap perkembangan peternakan di Kabupaten Indramayu.

Foto bersama Bupati Indramayu bersama para peternak

Berbagai kalangan hadir dalam Kontes Ternak seperti Peternak, Dinas, Perusahaan, Pemerintah Daerah, masyarakat dan Investor diharapkan dapat terjalin pasar dalam pemenuhan kebutuhan ternak/daging dimasyarakat yang selama ini Kabupaten Indramayu masih mengalami kekurangan pasokan daging dari lokal dan 90 % masih dipasok oleh daerah lain.

Anakan / Pedet Sapi Ongole di Kontes Ternak
Facebook Comments

Related posts