Agroteknologi Peluang Usaha Perkebunan 

Indramayu jadi Pusat Litbang Kebun Kurma Indonesia

Mungkin kita banyak yang tahu atau mendengar, bahkan juga pernah mencoba makan buah kurma, Kurma (phoenix dactylifera) identik dengan oleh-oleh jamaah haji Indonesia yang dibawa pulang selepas menunaikan ibadah haji. Sudah puluhan tahun buah kurma dari Timur Tengah masuk ke Indonesia dan bahkan sudah banyak jumlah buah kurma yang telah dibawa dan menyebar di masyarakat.

Pohon Kurma Berbuah di Kecamatan Bongas – Indramayu (dok. Sukarto)

Ada hal yang menarik yang berkembang di masyarakat adalah ketika selepas memakan daging kurma, biji kurma dibuang disekitar halaman rumah pekarangan dan sampai sekarang secara tidak sengaja ataupun disengaja biji tersebut tumbuh dan menjadi pohon yang besar bahkan pohon kurma banyak yang sudah berusia belasan tahun, tinggi pohon rata-rata mencapai 5-10 Meter. Pohon kurma yang tumbuh hampir menyebar diberbagai daerah di Indonesia, hal itu dikarenakan memang sebaran jamaah haji ada di setiap daerah kabupaten maupun kota.

Pohon Kurma Berbuah di Kecamatan Lelea Indramayu (dok. Eko Mei)

Yang menjadi perbincangan hangat bagi para pemerhati tanaman adalah pohon kurma yang tumbuh dari biji tersebut sudah mulai ada yang berbuah diberbagai titik di Indonesia, salah satunya adalah di Kabupaten Indramayu.

Memang pohon kurma yang berasal dari biji yang berbuah sangat jarang terjadi, hal demikian karena memang pohon kurma yang dari biji dianggap sebagai pohon jantan sehingga tidak berbuah, kurma memiliki jenis kelamin yaitu betina (berbuah) dan jantan (tidak berbuah/bunga penyerbuk).

Pohon Kurma Berbuah di Indonesia (dok. Andy Setiawan – IDPA)

Seperti di negera Thailand pohon kurma sudah dikembangkan sekitar 15 tahun yang lalu dan sekarang tumbuh dan berbuah dengan baik, sehingga para pemerhati tanaman di Indonesia mulai melirik dan ikut mencoba mengembangkan kurma di Indonesia.

Sejak Tahun 2015, wadah yang tergabung dalam Indonesian Date Palm Association (IDPA), telah melakukan upaya untuk mendatangkan bibit Kultur Jaringan (Kuljar) import dari luar negeri (Inggris), seperti jenis kurma KL 1, Barhee. hingga saat ini sudah kloter pemesanan ke-10 dan bibit yang tersebar di Indonesia hampir mencapai 20.000.

Pohon Kurma berbuah Lebat di Kecamatan Bongas – Indramayu (dok. Sukarto)

Dari referensi yang telah dilakukan bahwa Indramayu merupakan daerah yang paling cocok untuk penanaman pohon kurma, hal itu dari identifikasi bahwa daerah Indramayu banyak memiliki pohon kurma yang berbuah yaitu di Kecamatan Lelea, Kecamatan Indramayu, Kecamatan Lohbener, Kecamatan Bongas, Kecamatan Jatibarang. sehingga oleh IDPA, Kabupaten Indramayu menjadi Pusat Penelitan dan Pengembangan (LITBANG) Kurma di Indonesia yang berlokasi di Kebun Litbang Kurma IDPA, Rawa Bolang, Desa Jatisura – Kecamatan Cikedung Kabupaten Indramayu Provinsi Jawa Barat.

Lokasi Kebun Litbang Kurma IDPA – Indramayu

Akses menuju lokasi Kebun Litbang Kurma IDPA sejauh 29,9 Kilometer dan dapat ditempuh sekitar 55 Menit dari pusat kota Indramayu dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Jika dari arah Jakarta menuju lokasi dengan jalur cepat anda dapat mengakses lewat jalur Tol Cipali (Cikampek – Palimanan) lalu keluar pintu tol Cikedung dan dari pintu Tol Cikedung ke Kebun Litbang Kurma IDPA ditempuh sekitar 1 jam.

Pengurus IDPA Pusat, Jawa Barat dan Banten (dok. IDPA)

Diharapkan Kebun Percobaan Litbang IDPA tersebut akan menjadi pusat pengembangan dan penelitian kurma Indonesia untuk tempat belajar bagi semua kalangan baik Praktisi, Akademisi, Peneliti, Institusi Pemerintah, Petani dan Masyarakat.

Pusat Litbang Kebun Kurma IDPA – Indramayu (dok. Agrimania Flora)

Saat ini Pohon Kurma hasil Kuljar yang sudah ditanam di Kebun Litbang sekitar 2 tahun lalu sudah menampakan hasil yaitu terlihat beberapa Pohon Kurma sudah berbunga dan berbuah, meskipun buah masih belum sempurna, akan tetapi masih dalam tahap pengamatan dan penelitan untuk terus memperbaiki baik proses budidaya, pemupukan, pengairan, dan penanganan hama kurma sehingga diharapkan dapat memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) pohon kurma supaya tumbuh dengan baik dan dapat berbuah sesuai yang diharapkan.

Bibit Kurma Kultur Jaringan (dok. IDPA)

Facebook Comments

Related posts