Agrobisnis Peluang Usaha Perkebunan Ragam Manfaat 

Ide Kreatif Ciptakan Kopi Biji Mangga Asli Indramayu

Salah satu daerah penghasil mangga terbesar di Kabupaten Indramayu adalah Kecamatan Cikedung, Melimpahnya potensi mangga merupakan sumber penggerak ekonomi masyarakat. Selama ini buah mangga masih sebatas dimanfaatkan daging buahnya saja sedangkan untuk biji (pelok) mangga dibuang dan menumpuk menjadi limbah yang berserakan.

Rolis dan Mahasiswa KKN UPI pembuat Kopi biji mangga (dok. Rolis)

Tingginya konsumsi masyarakat akan buah mangga akan berdampak pada melimpahnya limbah biji mangga yang belum dimanfaatkan, Pemuda Desa Jatisura Kecamatan Cikedung beserta Para Mahasiswa yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatisura menciptakan limbah biji buah mangga menjadi Kopi.

Pembuatan Kopi biji mangga (dok. Rolis)

Ide kreatif ini muncul dari banyaknya biji buah mangga yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat, ketika diamati dan diteliti dari beberapa referensi menyatakan bahwa biji mangga memiliki khasiat yang cukup baik untuk kesehatan, hal tersebut menjadi motivasi untuk mengolah biji mangga menjadi produk olahan, sehingga akhirnya mengolah menjadi Kopi.

Membuat Kopi dari biji mangga tidaklah terlalu sulit namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran karena proses yang sangat membutuhkan waktu adalah pada bagian penjemuran biji sampai dinyatakan cukup kering untuk kemudian dilakukan proses pemasakan dan penumbukan sehingga nanti hasil yang didapat menjadi kering dan halus. Kopi biji mangga terbuat dari 100% biji mangga tidak ada campuran bahan apapun.

Semua jenis biji mangga dapat digunakan untuk menjadi Kopi, namun biji yang memiliki rasa yang khas dan spesial adalah dari jenis mangga gedong gincu dan kueni. Rasa Kopi biji mangga pada dasarnya sama seperti halnya rasa Kopi yaitu pahit dan gurih namun yang membedakan Kopi biji mangga adalah ada kekuatan rasa dan aroma mangga yang timbul sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Temuan mengolah biji buah mangga menjadi Kopi ini merupakan hal yang baru dan pertama di Kabupaten Indramayu sehingga mereka berharap Kopi biji mangga dapat dikembangkan lebih luas ke masyarakat sebagai produk unggulan masyarakat Desa Jatisura maupun Kabupaten Indramayu dan Kopi biji mangga dapat dipatenkan hak ciptanya serta mendapat legalitas.

Facebook Comments

Related posts