Agrobisnis Peluang Usaha Perkebunan Tokoh Inspirator 

Hobi Tanam Biji Kurma, Ibu RT Asal Cirebon Hasilkan Uang

Berawal dari sebuah Hobi pada tanaman kini berbuah manis, itulah yang telah dirasakan oleh seorang ibu rumah tangga asal Cirebon yang aktif menanam dan memelihara tanaman kurma, Ibu Sri sangat tertarik pada pohon kurma yang memang tidak semua kebanyakan orang terfikir untuk menjadi sebuah hobi yang dapat menghasilkan uang. Bertempat dihalaman rumahnya dilokasi Jl. Perjuangan Kelurahan Karyamulya Kecamatan Kesambi Kota Cirebon tidak menghalangi Ibu Sri untuk mengembangkan bibit tanaman kurma.

Ibu Sri Sedang Mengganti Media Tanam Kurma (dok. Sri Kurma)

Bermodal dari biji-biji kurma yang Ibu Sri kumpulkan yang didatangkan dari luar negeri, Ibu Sri menyemai biji kurma sampai tumbuh menjadi bibit kurma dalam polybag. Sudah ada 20 Jenis Kurma yang dikoleksi yaitu : Medjol, Tunisia, Madinah, Mesir, Iran, Khenaizi, Segae, KL 1 Merah, KL 1 Kuning, Barhee Madinah, Barhee Mesir, Barhee Kuwait, Razizie, Mozarabi, Thoory, Honey Jewel, Sahidi, Siam, Halawy, Sukarii, Rabbe, Khalas.

Semaian Bibit Pohon Kurma (dok. Sri Kurma)

Meskipun menanam Pohon Kurma cukup mudah namun untuk membuahkan Pohon Kurma sangatlah sulit karena Pohon Kurma memiliki jenis kelamin yaitu jantan dan betina. Pohon Kurma bisa dijadikan tanaman yang dapat menghiasi halaman rumah, perkantoran, dan jalan sehingga dapat menjadikan nilai estetika dari pohon kurma.

Koleksi Bibit Pohon Kurma (dok. Sri Kurma)

Ibu Sri membuat media tanam pohon kurma dengan beberapa campuran bahan yaitu pupuk kandang dan sekam bakar dengan perbandingan 1-1-1. dengan media tanam yang baik tanaman kurma tumbuh dengan subur, disamping dengan pemeliharaan dan pupuk yang seimbang. Dari hobi yang diguleti ini Ibu Sri dapat menghasilkan pundi-pundi pemasukan penghasilan setiap bulannya dengan menjual bibit pohon kurma yang Ia kembangkan.

Halaman Rumah Ibu Sri (dok. Sri Kurma)

 

 

Facebook Comments

Related posts