Agroteknologi Info Tokoh Inspirator 

Hebat, Petani Indramayu Temukan Energi Listrik Dari Lumpur Sawah

Siapa sangka petani yang selalu bergelut dengan lumpur sawah mampu menemukan ide cemerlang yang membuat banyak orang kagum dan tercengang. Penemuan dari seorang petani yang bernama Wakudi asal Juntinyuat Kabupaten Indramayu begitu ramai dibincangkan para netizen setelah mengunggah Postingan tentang “Free Energi” di grup (Medsos) Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Rangkaian Energi Listrik Dari Lumpur Sawah (dok. Wakudi)

Wakudi menjelaskan bahwa hasil penelitian/percobaan terhadap Lumpur Sawah yang mampu menghasilkan energi listrik yang dapat menghidupkan sebuah lampu LED.

Design Energi Listrik Dari Lumpur Sawah (dok. Wakudi)

Adapun kutipan postingannya sebagai berikut ” Tes percobaan dengan menggunakan 5 (lima) Gelas bekas air mineral, isi dengan Tanah/Lumpur Sawah yang dikasih PNCPT (Pupuk Nabati Cair Pemacu Tumbuh) dalam keadaan tanah/ air macak-macak. Lalu disambung seri/paralel akan menghasilkan setrum/tegangan listrik 5,19 Volt setelah dikasih beban 7 (tujuh) buah lampu LED senter (tegangan akan drop menjadi 2,77 Volt) dalam keadaan lampu LED menyala.

Wakudi Tarsilan asal Juntinyuat- Indramayu, Penemu Energi dari Lumpur Sawah (dok. Wakurdi)

Catatan dari Wakudi bahwa lumpur sawah sangat melimpah sehingga bisa dijadikan alternatif untuk penerangan listrik bertenaga lumpur sawah, Lampu yang menghasilkan cahaya di lahan sawah petani dapat digunakan untuk mengatasi dan menangkal hama seperti klaper, wereng, kupu dan serangga lainnya. Cara pembuatannya cukup mudah dengan menggunakan seutas kawat/kabel NGA untuk kutub plus (+) dan kawat tali antena (alumunium) untuk kutub minus (-), dirangkai sesuai gambar secara paralel/seri dan tancapkan ke lumpur tersebut.

Meskipun hasil temuannya ini mendapat banyak pujian dan dukungan dari para netizen, namun ada pula yang mencibir dan bahkan dibilang penemuannya ini hanyalah info hoax. Namun demikian, Wakudi tetap semangat mengembangkan dan terus mem[perbaiki hasil temuannya sehingga masyarakat maupun petani ikut mencoba hasil inovasi temuannya sehingga mampu menjadikan alternatif energi yang terbarukan dan bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Facebook Comments

Related posts