Event 

Belajar Bersama Sang Maestro Topeng Mimi Wangi

Napak Tilas Bebarang,  Belajar Bersama sang Maestro (BBM)  Mimi Wangi menggelar tari topeng dipelataran rumah tua, di Desa Kliwed Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu.

Kemeriahan tari topeng ini ditampilkan dari siswa didik BBM dari 17 provinsi di Indonesia. Dengan menyuguhkan tarian yang penuh dengan warisan budaya Indramayu, kegiatan ini merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama sang maestro Sanggar Mulya Bakti yang sudah berjalan 2 tahun ini. 


Mimi Wangi merupakan pendiri Sanggar Mulya Bakti di Desa Tambi Kecamatan Sliyeh Kabupaten Indramayu,  beliau bekerjasama dengan Sanggar Sapu Jogan yang diketua oleh Heri Susanto,  Bang Ay yang akrab disapa. 

Gelar tari topeng ini cukup membuka mata masyarakat dan pemerintah akan warisan seni budaya tradisional dengan mengangkat dan melestarikannya dijaman sekarang ini. 

Ratusan penonton sangat antusias dan bergembira saat menyaksikan kembali pagelaran seni tari topeng bahkan banyak penonton dari usia dini,  muda dan lanjut ikut menyaksikan kehadiran sang maestro mimi wangi. 

Pagelaran yang dimulai dari pukul 08.00 sampai 12.00 WIB selama 4 jam, berlangsung sangat istimewa karena dipandu langsung oleh sang maestro. 

Harapan sang maestro yaitu bahwa generasi muda harus terus mencintai warisan seni dan  budaya yaitu tari topeng yang merupakan ikon warisan leluhur Indonesia agar tidak punah dan terus berkembang. 

 

Facebook Comments

Related posts