Event Pertanian Tokoh Inspirator 

Bangga, Wa Darmin Petani Pemulia Asal Indramayu Terima Penghargaan PVT 2017

Kementerian Pertanian Repulik Indonesia dalam acara Perlindungan Varietas Tanaman Goes to Campus di Universitas Brawijaya Malang, Rabu (6/12). Darmin (Petani Pemulia asal Indramayu) menerima Apresiasi penghargaan kategori Petani Pemulia.

 Darmin Petani Pemulia Asal Indramayu Terima Penghargaan PVT 2017
Wa Darmin Petani Pemulia Asal Indramayu Terima Penghargaan PVT 2017

Acara tersebut bertema “Pengembangan Varietas Lokal Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Komoditas Pertanian” sebagai bentuk apresiasi kepada pemulia dan para pihak yang berperan dalam pelestarian plasma nutfah, varietas lokal, perlindungan varietas tanaman; dan penghargaan khusus untuk petani yang melakukan kegiatan pemuliaan.

Para Penerima Penghargaan Apresiasi PVT 2017
Para Penerima Penghargaan Apresiasi PVT 2017

Mengenal perjalanan sosok Petani Pemulia asal Gabuswetan Indramayu.

Sosok PETANI sederhana nan bersahaja ini sejak empat belas tahun yang lalu berjibaku tanpa mengenal lelah mulai dari ejekan tetangga sawahnya hingga ancaman hukuman apa yang beliau lakukan atas karya-karyanya, beliau meyakini apa yang dilakukannya akan membuahkan hasil yang baik terutama untuk dirinya sendiri.

Wa Darmin sedang menunjukan padi hasil persilangannya

Berburu benih-benih padi varietas lokal untuk ditanam, dilestarikan sekaligus sebagai tetua atau bahan induk untuk disilangkan, empat puluh lebih varietas lokal koleksi ditempatnya.

Beliau seorang petani PEMULIA tanaman padi namanya DARMIN (56 tahun) lebih akrab disapa WA DARMIN sang guru tani dari Desa Sekar Mulya Blok Kebon Rangdu Kecamatan Gabuswetan Kabupaten Indramayu Jawa Barat Indonesia, ini pesan beliau katanya, kalau menulis tentang DARMIN harus disebut lengkap dengan alamatnya.

Stand Pameran Wa Darmin

Ilmu pemuliaan tanaman beliau peroleh dari sang maestro pemulia padi CIHERANG Dr. Aan Sudrajat dari Balai Besar Padi Sukamandi melalu acara Pelatihan Pemuliaan Tanaman secara Partisipatoris yang diselenggarakan oleh Yayasan FIELD Indonesia pada tahun 2003.

Sepi ing pamrih rame ing gawe, sempat dilarang untuk mengawin-ngawinkan padi oleh pemerintah setempatpun beliau pantang mundur tetap produktif menghasilkan galur-galur harapan, sudah seratus empat hasil persilangannya kini satu diantaranya telah dilepas oleh Kementan di Tahun 2016 yaitu varietas INPARI 44 AGRITAN.

Pada tahun 2006-2007, Wa Darmin merupakan salah satu tokoh utama dalam pembuatan film dokumenter kolaborasi Tim Antropologi UI dengan IPPHTI, dengan Judul “BISA DEWEK”.

Melalui film tersebut Ia bersama dengan petani pemulia lain, telah menginspirasi banyak orang dari petani di berbagai tempat di Indonesia, akademisi di UGM dan Universitas Indonesia, dan tentu berbagai pegiat dan aktivis LSM dan gerakan tani.

Kemandirian, kegigihan, dan keberdaulatan petani yang ditampilkan petani pemulia digetok-tularkan via layar tancep di 13 kecamatan Indramayu, dan lebih jauh lagi diputar dalam berbagai festival dokumenter. Guyon dan kepolosan Wa Darmin di film ini seakan menyemangati petani bahwa meski dengan penuh tekanan dan hambatan petani mampu Bisa Dewek hadapi itu. “

Tahun 2012 beliau ikut mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Bank Benih Tani dan Teknologi Indonesia (AB2TI), sejak saat itu pula karya-karya besar beliau mulai dipublikasikan secara luas, dititipkan untuk bersama-sama ditanam bersama jejaring anggota AB2TI yang lainnya.

Dipenghujung tahun 2017 tepatnya tanggal 6 Desember 2017 di Universitas Brawijaya Malang, merupakan kado terindah bagi sosok Arjuna Ireng Wa Darmin, kembali menerima Apresiasi Perlindungan Varietas Tanaman Tahun 2017 Kategori PETANI PEMULIA.

Kami sebagai Petani Indramayu ikut merasakan kebahagiaan ini karena melalui proses yang panjang tak semudah menarik nafas, tetapi beliau menanggapinya biasa saja tetap bersahaja, kami semakin menjadi penasaran dan mencoba beranikan diri untuk bertanya mengapa?.

Beliau menjawab singkat, “Mimpi saya belum terbeli memiliki sawah untuk menanam hasil persilangan agar lebih produktif serta bermanfaat bagi Bangsa Indonesia”

Kami Petani Indramayu “MENGUCAPKAN SELAMAT KEPADA PEMERINTAH KABUPATEN INDRAMAYU YANG MEMILIKI PETANI PEMULIA TANAMAN PADI SEMOGA MENGINSPIRASI PETANI-PETANI LAIN DAN MEMAJUKAN PERTANIAN INDONESIA.

Sumber : Wawa H. Masroni

Facebook Comments

Related posts