Agrobisnis Peternakan Ragam Manfaat 

Atasi Krisis Pakan, Peternak Majasari Tanam Indigofera

Pakan merupakan hal terpenting dalam beternak, kesuksesan dalam beternak yaitu mengoptimalisasi fungsi pakan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik, hemat biaya, dan dapat diolah dengan efisien. Persoalan yang selalu menjadi kendala para peternak adalah belum mampu mengupayakan pengolahan pakan yang baik dan memanfaatkan potensi yang bisa dikembangkan.

Tanaman Indigofera

Dikalangan perdesaan penggunan pakan masih tergantung dengan alam yaitu rumput-rumput hijau yang merupakan pakan terbaik. Namun tidak semua daerah memiliki potensi rumput seperti dilokasi hutan atau daerah pegunungan/bukit yang memiliki rerumputan yang melimpah.

Di Kabupaten Indramayu yang merupakan topografi dataran rendah dan merupakan daerah pesawahan mencari rumput sangatlah sulit apalagi untuk mencukupi jumlah sapi yang ada di Kabupaten Indramayu mencapai 11.560 ekor (data ST2013, BPS Kab. Indramayu), sehingga pemanfaatan ketersedian potensi alam yang dapat dijadikan pakan sangat dibutuhkan, seperti pemanfaatan limbah jerami yang masih melimpah selepas musim panen padi.

Jumlah Sapi Kerbau di Kabupaten Indramayu Tahun 2013 (ST2013 BPS Kab. Indramayu)

Namun limbah jerami belum cukup karena memiliki kandungan protein yang rendah dan hanya kandungan serat yang tinggi sehingga perlu adanya pendamping bahan pakan yang memiliki protein tinggi. Salah satu tanaman yang memiliki protein tinggi adalah tanaman Indigofera yaitu 31% hal ini sangat cocok untuk pakan ternak, maka pertumbuhan ternak akan cepat berkembang dan sehat.

Peternakan di Desa Majasari Kecamatan Sliyeg Kabupaten Indramayu telah mengembangkan tanaman Indigofera, sejak Tahun 2015 penanaman Indigofera dengan memanfaatkan lahan-lahan yang tidak produktif, seperti sepanjang samping jalan desa, tanggul sungai dan samping kandang ternak. Sampai saat ini sudah ribuan tanaman Indigofera yang telah tumbuh dan telah dimanfaatkan untuk kebutuhan pakan ternak sapi di Desa Majasari.

Keunggulan Tanaman Indigofera (Humas Jabar)

Indigofera merupakan tanaman yang mudah tumbuh selain itu tidak memiliki perawatan yang khusus untuk menanam, tanaman ini tahan terhadap cuaca panas dan kering, pertumbuhannya sangat cepat hanya membutuhkan waktu 1 tahun sudah bisa dipanen, semakin sering memanen maka tanaman ini akan semakin bagus karena ranting dan daun akan rimbun.

Tanaman Indigofera Sepanjang Jalan Desa

Pengembangan tanaman Indigofera di Desa Majasari terus dilakukan agar kebutuhan pakan ternak dapat tercukupi dengan kandungan protein yang baik, disamping itu selain nantinya dapat menjadi contoh kepada desa-desa lain untuk ikut mengembangkan tanaman Indigofera agar daerah yang krisis akan pakan ternak dapat teratasi dengan memanfaatkan lahan-lahan tidur yang belum produktif.

Bibit Tanaman Indigofera

Untuk ketersediaan bibit tanaman Indogofera, Desa Majasari sudah mengembangkan pembibitan sendiri baik untuk kebutuhan sendiri maupun untuk mecukupi pesanan dari luar desa.

 

Facebook Comments

Related posts